Kamis, 18 Januari 2018

Satelit Alam

Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode rotasi&revolusi tertentu.


Satelit Bumi

1.Bulan

   Bulan diperkirakan terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu.
Diperkirakan bulan terbentuk akibat serpihan-serpihan benda langit yang bertubrukan dengan bumi.Bulan adalah satu-satunya benda langityang pernah didarati oleh manusia selain bumi.Bulan mengelilingi bumi selama 29,5 hari.Bulan selalu memperlihatkan sisi yang sama pada bumi karena bulan berputar pada porosnya kira-kira sama dengan waktu yang diperlukan untuk mengorbit bumi.

Satelit Mars

1.Phobos

   Mengorbit mars di radius 6000 km.Diperkirsksn 50 juta tahun lagi ,phobos akanmenabrak mars.Gravitasi mars akan mereggutnya ,selanjutnya akan terbentuk cincin yang mengelilingi mars.Di phobos terdapat kawah besar yang disebut Stickney selebar 10km.Phobos memiliki lapisan regolith (debu&bebatuan).



Satelit Yupiter

1.Io



    Adalah satelit tedalam yang mengelilingi Yupiter dengan diameter 3.642km.Io merupakan satelit terbesar ke-4 di tata surya.Terdapat lebih dari 400 gunung berapi aktif di dalamnya.Io merupakan objek paling aktif di tata surya.Satelit ini ditemukan oleh Galileo Galilei pada tahun 1960.Penemuan ini mendorong perkembangan pergerakan planet kepler.Dari bumi, Io tampak seperti setitik cahaya hingga akhir abad ke-19 sampai abad ke-20.

Satelit Saturnus
1.Titan

     Ditemukan pada tanggal 25 Maret 1655 oleh Cristiaan Huygens.Titan adalah satelit terbesar di Saturnus.Merupakan satu-satunya satelit alami yang memiliki atmosfer padat.Dan merupakan satu-satunya objek luar angkasa selain bumi yang memiliki cairan di permukaannya.Titan memiliki diameter 50% lebih besar daripada bulan,dan memiliki massa 80% lebih besar daripada bulan.Titan tersusun dari es air dan materi berbatu-batu.Atmosfer titan sebagian besar terdiri dari nitrogen,senyawa kecil yangmengakibatkan pembentukan awan metana dan etana serta kabut organik yang kaya akan nitrogen.


Satelit Uranus

1.Miranda

     Ditemukan oleh Gerard Kuiper pada tanggal 16 februari 1948.Miranda adalah satelit terkecil dan terdekat dari uranus dengan diameter 470km .Miranda merupakan satudari lima satelit utama uranus .Orbit miranda dekat dengan bidang ekuator Uranus.Uranus mengorbit matahari pada sisi yang menghadap miranda,sehingga orbit miranda tegak lurus dengan ekliptika dan mengalami siklus musiman yang ekstrim.

Satelit Neptunus

1.Triton

     Ditemukan oleh astronom Britania,William Lassell pada tanggal 10 oktober 1846,adalah satelit alami terbesar dari planet neptunus.Triton merupakan satu-satunya satelit berukuran besar di tata surya dengan gerak berlawanan arah dengan rotasi planet induknya.Dengan diameter 2.706km,merupakan satelit terbesar ke-7 di tata surya.Kerak triton terdiri dari nitrogen beku diatas lapisan mantel es yang membungkus intinya yang terdiri dari batuan dan logam.Inti triton mengandung 2/3 dari seluruh massa total.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Satelit Alam

Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode rotasi&revolusi tertentu. Satelit Bumi 1.Bulan    Bulan diperk...

efek salju

Animasi

kursor

Sun 4

clock

lagu

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Sun 4

Unordered List

Pages